KPU : Masih Ada 795 Ribu DPT Ganda di Tingkat Nasional 

  • Sabtu, 15 September 2018 - 23:00:38 WIB | Di Baca : 1250 Kali

SeRiau - KPU RI mengatakan masih terdapat 795 ribu nama pemilih ganda dari total 185 juta Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat nasional yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pekan lalu.

"Nama pemilih yang alami kegandaan dari 185 juta (DPT) di bawah 1 juta yaitu 795 ribu, kami yakin akan berkurang karena akan dibersihkan dari malam hingga Minggu pagi," kata Anggota KPU RI Viryan Aziz di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (15/9/2018).

Ia menerangkan selama 10 hari sejak penetapan DPT tingkat nasional lalu, KPU bersama parpol dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah melakukan 3 kali pertemuan untuk membahas teknis perbaikan data ganda DPT.

Pertemuan terakhir dilakukan pada Jumat malam 14 September lalu, di mana ditemukan DPT ganda versi partai politik pada angka 1,2juta pemilih

"Tadi malam kami dapat info dari teman-teman parpol menyampaikan yang paling menyuarakan data ganda, mengapresiasi di angka 1,2 juta (DPT ganda), tapi data internal kami dibawah 1 juta. Data itu tentunya sedang dan akan diselesaikan KPU di daerah untuk dibersihkan," jelasnya.

Ia mengatakan sampai malam ini, data terkait DPT provinsi sedang berjalan masuk dan harus selesai mengingat esok hari akan diadakan Rapat Perbaikan DPT Pemilu 2019 (Hasil Tindaklanjut Rekomendasi Bawaslu RI).

"Tadi hampir seluruh KPU provinsi sudah rampungkan rapat rekapitulasi DPT tingkat provinsi, beberapa sedang berjalan dan menyelesaikan. Besok itu rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT hasil perbaikan nasional," tutur Viryan. (**H)


Sumber: TRIBUNNEWS.COM





Berita Terkait

Tulis Komentar